Mata Pelajaran IPA (Ilmu pengetahuan Alam) dan IPAS (ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial)

IPA merupakan suatu pelajaran yang ada pada struktur Kurikulum 2013.  Pembelajaran IPA pada Kurikulum 2013 menekankan pada aspek keterampilan proses yang merupakan dasar dikembangkannya pendekatan scientific (5M) meliputi mengamati, mengukur, mencoba, mengasosiasi dan mengkomunikasikan. 

Pembelajaran IPA di SD tidak hanya mengajarkan penguasaan fakta, konsep, dan prinsip tentang alam tetapi juga mengajarkan metode memecahkan masalah, melatih kemampuan berpikir kritis, mengambil kesimpulan, bekerjasama dan menghargai pendapat orang lain.

Gambar di atas menunjukkan siswa kelas 6 pada pembelajaran IPA menerapkan keterampilan proses. Siswa mengamati bunga sepatu yang merupakan contoh bunga sempurna. Siswa menggambar dan mewarnai bagian-bagian bunga sepatu. Siswa menuliskan fungsi bagian-bagian bunga sepatu. Siswa menyimpulkan bahwa bunga merupakan bagian tumbuhan yang berfungsi sebagai alat perkembangbiakan karena pada bagian bunga yaitu benang sari dan putik berperan dalam proses terjadinya penyerbukan dan pembuahan.

IPAS merupakan suatu pelajaran yang ada pada struktur Kurikulum Merdeka. IPAS merupakan mata pelajaran baru gabungan IPA dan IPS. 

IPAS adalah ilmu pengetahuan yang mengkaji tentang makhluk hidup dan benda mati di alam semesta serta interaksinya, dan mengkaji kehidupan manusia sebagai individu sekaligus sebagai makhluk sosial yang berinteraksi dengan lingkungannya.

Fokus utama yang ingin dicapai dari pembelajaran IPAS di SD   bukan hanya pada  banyaknya isi materi yang di serap siswa, akan tetapi  siswa dapat memanfaatkan pengetahuan yang dimilikinya. 

Sebagai pertimbangan juga, siswa usia SD tahap berpikirnya masih melihat segala sesuatu apa adanya (konkrit dan sederhana), utuh atau menyeluruh dan  tidak detail, pembelajaran IPAS di SD sangatlah penting memberikan kesempatan kepada siswa  untuk melakukan eksplorasi, penyelidikan   dan mengembangkan pemahaman terkait lingkungan di sekitarnya. Pemahaman ini  dapat dimanfaatkan untuk mengidentifikasi berbagai permasalahan yang dihadapi dan menemukan solusinya. 

Dengan pembelajaran IPAS diharapkan siswa dapat  memahami, menghayati dan menerapkan pengetahuannya bagi lingkungan sekitarnya. 

Gambar berikut menunjukkan pembelajaran IPAS kelas 5 dengan materi Cahaya dan Bunyi di Sekitar Kita. Sebelum presentasi di depan kelas, siswa melakukan diskusi kelompok tentang (a) pembagian tugas saat presentasi, (b) menentukan tujuan percobaan, (c) mempersiapkan alat dan bahan, (d) menjelaskan langkah kerja (e) membuat kesimpulan. (Adriana Rustiasih)

  • Post author:
  • Reading time:2 mins read