Pentingnya Pelajaran Bahasa Indonesia
Oleh: Laurencia Raelyn Laksmono (siswa Kelas 10)
Mr. Aloysius Gonzaga Tumijo (Guru Bahasa Indonesia)
Sebagai pelajar Indonesia, saya memandang bahwa bahasa Indonesia mempunyai peran penting dalam membentuk identitas nasional. Dengan meningkatnya pengaruh globalisasi, para murid mendapatkan akses untuk mempelajari bahasa asing lainnya dengan mudah. Namun, meskipun memperkaya pengetahuan dan keterampilan siswa, hal ini menyebabkan banyak yang meninggalkan bahasa Indonesia. Adanya kurikulum internasional seperti kurikulum Cambridge IGCSE juga merupakan faktor yang membuat para murid lebih familiar dan fasih dalam Bahasa Inggris, dibandingkan bahasa ibu kami. Pembelajaran bahasa Indonesia sangat diperlukan demi memperkuat identitas nasional dan juga kemampuan literasi berbasis bahasa Indonesia.
Pembelajaran bahasa Indonesia melalui Kurikulum Merdeka memungkinkan pendidik dan siswa saling berkomunikasi secara aktif. Para pendidik diberikan kebebasan untuk mandiri dalam mengajar dan melaksanakan pembelajaran secara inovatif dan kontekstual, menyesuaikan dengan kebutuhan nyata. Jika membicarakan kurikulum internasional yang diwajibkan di Stella Maris School Gading Serpong, maka pembelajaran bahasa Indonesia dengan kurikulum IGCSE, mengarahkan para peserta didik agar memiliki keterampilan berbahasa Indonesia yang unggul. Para pelajar asing diberi pelajaran BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing), sehingga mereka dapat memahami dasar bahasa Indonesia. Hal ini bisa meningkatkan minat para murid asing, untuk mempelajari budaya dan sejarah Indonesia.
Selama saya belajar bahasa Indonesia di Stella Maris School Gading Serpong, saya mempelajari nilai dan estetika bahasa Indonesia melalui penciptaan karya sastra seperti puisi dan berbagai macam penulisan cerita. Saya dapat meningkatkan kefasihan dan kosa kata dari tugas pidato, pantun, puisi serta sesi debat di kelas.
Walaupun sudah ada pelajaran bahasa Indonesia, saya menyadari bahwa beberapa murid masih kurang fasih dalam berbahasa Indonesia dalam lisan maupun tulisan. Itulah mengapa kemampuan berbahasa dikembangkan melalui membaca, menulis dan praktik membuat proyek video, agar para pelajar dapat mengasah kreativitas mereka sembari melancarkan kemampuan bahasa. Sekolah juga memberi ruang untuk menggunakan bahasa Indonesia di luar kelas sebagai bahasa pergaulan. Pelajaran bahasa Indonesia bisa dipakai untuk mempelajari banyak hal seperti budaya Indonesia, artikel ilmiah, sastra dan informasi berbagai berita. Dengan pembelajaran bahasa Indonesia, peserta didik mendapatkan wawasan yang luas dan terkini terkait perkembangan berita di dalam maupun luar negeri, wawasan perkembangan sains serta wawasan budaya Indonesia.
Sebagai kesimpulan, bahasa Indonesia harus tetap diajarkan demi memperkuat identitas nasional, dan perlu terus dikembangkan secara kreatif untuk memperkenalkan kekhasan Indonesia dan nilai-nilai positif melalui berbagai media. Pepatah lama mengatakan, “Bahasa menunjukkan bangsa.” Dengan demikian identitas bangsa harus diperkuat, salah satunya melalui pembelajaran bahasa.
Masak sambal pakai terasi
Dipadu lalap daun pepaya
Mari dukung Gerakan Literasi
Agar Indonesia semakin jaya