Digital School of the Year
STELLA MARIS SCHOOL

 

Stella Maris School Gading Serpong secara konsisten terus mengembangkan diri dengan menetapkan roadmap tahunan sebagai bagian dari pencapaian target jangka panjang yang dinyatakan dalam visi dan misi sekolah. Adapun roadmap sekolah pada Tahun Ajaran 2023-2024 ini adalah ‘I am A Stellamarian, I am Ready for Digital Transformation”. Dengan komitmen ini, dalam proses belajar mengajar, sekolah menggunakan integrasi teknologi yang telah dimulai dari beberapa tahun lalu bahkan sebelum pandemi terjadi.

Beberapa proses yang memanfaatkan tekhnologi untuk meningkatkan service sekolah dan kualitas pembelajaran antara lain:

  1. Menerapkan sistem informasi
  2. Penggunaan Learning Management Sistem (LMS) untuk mendukung proses belajar

Sistem Informasi Sekolah digunakan untuk memudahkan orangtua dalam melacak kehadiran siswa dan untuk melihat proses belajar dan prestasi anaknya. Begitu juga dengan Rapot Card dapat diakses dengan mudah secara online. Selain itu, para siswa sudah menggunakan kartu digital saat memasuki gedung sekolah sebagai bukti kehadiran di sekolah.

Learning Management Sistem (LMS) di Stella Maris School Gading Serpong digunakan untuk mata pelajaran Bahasa Inggris, Matematika, Sains dan Entrepreneur  (Kewirausahaan).

Mata pelajaran IT Preneur merupakan kombinasi antara IT dan Entrepreneurship yang diperkenalkan mulai dari Preschool. Mata pelajaran IT Preneur pada unit Preschool diajarkan kepada siswa dengan tujuan memperkenalkan pemakaian komputer secara mandiri. Melalui permainan edukasi interaktif, IT Preneur membantu siswa mempelajari warna, angka, berhitung, membaca, menemukan perbedaan, pola dan banyak lagi dengan cara yang interaktif dan menyenagkan.

Di level berikutnya yaitu Primary, siswa belajar tentang word processing, digital drawing, animasi sederhana dan banyak lagi materi lainnya.

Sedangkan pada unit Secondary, IT Preneur melatih keterampilan siswa dalam pembuatan desain product, pemasaran digital dan E-commerce. Para siswa mampu membuat logo sendiri secara digital, belajar membuat usahanya sendiri (Student Company), cara memasarkan bisnisnya secara online dan menggunakan platform E-commerce.

Dengan demikian IT Preneur ini diajarkan secara berkisinambungan dari level Preschool sampai Secondary untuk membangun Entrepreneurial skill dan kemampuan siswa dibidang kewirausahaan termasuk didalamnya kemampuan presentasi, berkolaborasi, komunikasi, percaya diri dan banyak keahlian hidup lainnya.

Dalam pelajaran Matematikan, proses belajar dibuat lebih menyenagkan dan interaktif dengan memanfaatkan LMS yang menggunakan gameifikasi sehingga proses belajar lebih dirasakan seperti sedang bermain dan menyenagkan, dilengkapi tutorialnya yang membantu guru dan orang tua dalam proses belajar bersama anak – anak dan dapat digunakan anak – anak juga untuk belajar secara mandiri baik di sekolah maupun dirumah. Dengan LMS ini proses belajar anak dapat disesuaikan berdasarkan kecepatan dan kemampuan anak dalam belajar ( differentiated learning ). Penggunaan LMS dalam mata pelajaran Matematika juga digunakan di level Junior High School (Grade 7 – Grade 10) sebagai pengganti printed books.

 

Begitu juga dalam pelajaran Bahasa Inggris, Stella Maris School Gading Serpong sudah menggunakan Digital Library khususnya untuk level Primary. Dengan Digital Library platform ini, anak memiliki kesempatan membaca dimana saja dan kapan saja. Akses membaca terbuka untuk ribuan buku online yang tersedia di platform tersebut, sehingga kemampuan kosakata anak meningkat dengan cepat. Begitu juga dengan kemampuan menulis karena biasanya anak – anak akan membuat synopsis dari buku yang dibaca termasuk karakter yang disukai. Dengan demikian, minat membaca anak meningkat dengan pesat. Platform ini juga memberikan rekomendasi buku – buku yang dapat dibaca anak sesuai dengan tingkat kemampuan membacanya yang terus meningkat dari waktu ke waktu.

Dalam bidang Science, Stella Maris School Gading Serpong telah menggunakan Virtual Reality Classroom (VR) yang memungkinkan anak untuk memahami topik – topik yang sulit sekalipun secara interaktif dan menyenagkan. VR Classroom meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar, mendapatkan pengalaman belajar yang mendalam dan sulit untuk dilupakan karena adanya konsep visualisasi dari topik yang dipelajari, sehingga materi – materi kompleks terlihat lebih nyata. VR Classroom memungkinkan anak – anak untuk juga melakukan explorasi ke tempat – tempat yang jauh dan sulit dijagkau melewati batas waktu dan ruang seperti kedalam perut bumi, ke kutub utara, ataupun ke ruang angkasa. Bayangkan betapa menariknya proses belajar Science yang mampu mengembangkan imajinasi dan kreativitas anak.

Sejalan dengan perkembangan jaman, Stella Maris School Gading Serpong menjadi sekolah pertama di Banten menerapkan kelas Coding sebagai bagian dari intrakurikuler, mulai dari Preschool sampai kelas 11.

Pada kelas Coding Primary, para pemikir muda memulai perjalanan yang mengasyikkan ke dunia pemrograman! Dirancang khusus untuk pembuat kode pemula, kelas Coding ini memperkenalkan anak-anak pada dasar-dasar pengkodean secara interaktif dan menyenangkan. Melalui platform populer Scratch dan Tynker, anak-anak menemukan kegembiraan dalam membuat animasi dan permainan mereka sendiri.

Seiring kemajuan mereka dalam kelas Coding ini, siswa tidak hanya mempelajari keterampilan pengkodean yang penting tetapi juga mengembangkan pemikiran kritis, kemampuan pemecahan masalah, dan kreativitasnya. Mulai dari merancang karakter dan alur cerita, hingga mengkodekan fitur interaktif dan mekanisme permainan, setiap proyek adalah kesempatan bagi siswa untuk melepaskan imajinasi mereka dan mengekspresikan diri melalui teknologi. Siswa juga diajak untuk berperan aktif menjadi problem solver terhadap masalah-masalah yang ada di kehidupan nyata. Terbukti dengan proyek – proyek siswa yang baru diselesiakan di semester yang lalu yang berkaitan dengan Sustainable Development Goals (SDG) seperti yang dinyatakan oleh United Nation Organization (UNO), diantaranya dengan pembuatan aplikasi yang berkaitan dengan polusi udara, kesehatan dan pola diet.

Untuk kelas Coding Secondary, Gaudencia Seraphine Ongko, seorang siswa Kelas 10 mengatakan “Kami memiliki kelas 40 menit setiap minggunya dan dalam kurun waktu 6 bulan, kami telah belajar banyak tentang Coding, mulai dari variabel, array, fungsi dan bahkan GUI (Graphical User Interface )! Di akhir setiap semester, kita diminta untuk membuat proyek pribadi dari semua ilmu yang telah kami peroleh. Belajar Coding tidak hanya mengajari saya untuk berpikir logis, tetapi juga membuat saya menjadi lebih kreatif dan berpikir out of the box. Ini memotivasi saya untuk membayangkan kemungkinan tak terbatas yang bisa dilakukan. Saya suka belajar Coding dan berharap bisa lebih lama lagi, karena ini merupakan pengalaman yang luar biasa! ”

 

Tahun ini Stella Maris School Gading Serpong di nobatkan sebagai “ Digital School of the Year 2024” oleh Koding Next, sebuah lembaga yang mengakui kekuatan Coding untuk membekali siswa dengan ketrampilan yang mereka butuhkan di Era Digital.

“Pendekatan inovatif Stella Maris dalam mengintegrasikan pengkodean di semua tingkatan kelas benar-benar menginspirasi. Dengan melihat kemampuan siswanya pada saat menampilkan proyek besar-besaran yang sangat impresif pada acara Koding Next Summit 2024 menjadikan Stella Maris School Gading Serpong sebagai Sekolah Digital Terbaik Tahun Ini!”- Abdallah (Kepala Kurikulum, Koding Next)

Di masa depan, Sekolah Stella Maris akan terus memprakarsai dan memelopori alat-alat teknologi yang akan meningkatkan keterlibatan siswa dan hubungan dunia nyata dengan apa yang mereka pelajari di dalam kelas. Kami tidak sabar untuk melihat bagaimana siswa kami akan berkembang dengan teknologi baru pada tahun ajaran berikutnya!

  • Post author:
  • Reading time:6 mins read