Halaman FAQ menampilkan pertanyaan yang sering ditanyakan tentang Sekolah Stella Maris, Sunnyville dan Stema College.

Preschool

Combined curriculum. Use Montessori Apparatus to support teaching learning process. (Government Rules for SPK)

Toddler: 15 students
Nursery – K1 – K2 : 20 students

English as our daily language, Mandarin, Bahasa Indonesia

Primary

Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum Cambridge Primary. Dan yang akan lebih difokuskan Kurikulum Cambridge itu adalah mulai dari kelas 3 sampai kelas 6.Untuk mata pelajaran yang diujikan dalam ujian Primary Cambridge Checkpoint ada 3 yaitu English, Math dan Science. Keunggulan darri kurikulum Primary Checkpoint adalah semua mata pelajaran yang akan di ujikan waktu kelas 6 yaitu USBN (UJian Sekolah Berstandar Nasional) semua materi sudah diajarkan ketika murid kelas 4 termasuk istilah-istilah baku yang digunakan sehingga ketika murid-murid sudah kelas 6, akan lebih mudah bagi mereka untuk menyerap pelajran yang diberikan dalam Bahasa Indonesia dalam preparation calss untuk ujian USBN dan Ujian Checkpoint.

Banyak sekali program yang diadakan setiap tahun dan bervariasi.Mulai dari program BKSN, small excursion, field trip, AHAI- Anak Hebat Anak Indonesia , Jurnalistik Bersama Bobo, Self-Awareness, Entrepreneur Day, Christmas Celebration, Stema Festival,Language Week, Recollection Day, Character Camp, Eco Camp, Recognition Day, and School Production

Nilai KKM 70 dari semua pelajaran. Dan bila dari mata pelajaran penting tidak memenuhi nilai 70 akan diberikan remedial dan remedial test.

Biasanya dari sekolah asal sudah mempunyai NISN kecuali kelas 1. Sekolah akan membantu bila orang tua menyiapkan dokumen lengkap untuk diajukan ke Diknas.

Nilai Discipline Point tidak boleh krg dari 50. < Rata-rata nilai pelajaran; English, Math dan Science harus 70. Absensi tidak boleh kurang dari 90%.

Walaupun Stella Maris sekolah katolik tetapi menerima murid dari berbagai macam agama yang diakui di Indonesia.Sejak tahun ajaran 2019/2020 sekolah SPK mengajarkan agama sesuai dengan agama murid masing-masing. Jadi orang tua tidak perlu kuatir untuk pelaajran agama karena kan disesuaikan dengan latar belakang agama anak.

Bervariasi tergantung minat dan bakat murid; bisa dari sejak olahraga, art, musik bahkan ketrampilan komputer. Excul yang ada sekarang untuk tahun ajarran 2019/2020:
Wushu, Taekwondo, Art &craft, Badminton, Multimedia computer, Basket, Music, Dance, Science, Futsal, Archery.

Murid akan mendapatkan penghargaan di Recognition Day berupa medalidan sertifikat dan juga potongan 15 persen SPP selama 6 bulan.

Bila masih kelas 1, maka akan diterima denganadanya kelas additiinal lesson dari guru kelas.

Tentu saja ada pelajaran extra class untuk membantu murid yang membutuhkan bimbingan lebih lanjut dan disertai dengan remedial class. dan remedial test yaitu kesempatan mengulang kembali ulangan dengan hasil yang lebih maksimal.

Secondary

The IB Diploma Program requires students to take six different subjects (3 subjects in High Level, 3 subjects in Standard Level), together with two semesters of Theory of Knowledge. Diploma candidates also write an Extended Essay of about 4000 words. They also have to complete Creativity/Action/Service (CAS) activities and a project between the beginning of junior year and March of senior year.
Certificate Program students pick one or several courses from the six courses, but doesn’t take the Theory of Knowledge, doesn’t write an Extended Essay, and doesn’t complete CAS activities or the project. Certificate program students can choose all subjects in Standard level.

The IB Diploma and IB certificate can go to both local and overseas schools that accept it based on the university/college requirements.

50-50 which is based on the students scores, students motivation, the requirement of the schools they want to go to, and parents support.

Students who join the IB program are equipped for the skills that they need in university such as critical thinking, problem solving, communication, essay and report writing.
They are also exposed to real life situations such as the topics they use case studies in class, CAS (Community, Activity and Service) trip, Internship at companies, and other class activities.
Our teachers all have educational backgrounds relevant to the subject they teach and are trained by the IBO (IB Organization).

Sunnyville

Levelnya ada Toddler, Nursery, K1, K2. Kami juga ada full schoolnya jika Mommy dan Daddy bekerja semua, jadi tidak perlu repot antar jemputnya dan lebih hemat biayanya.

Untuk usia 2 tahun, berarti bisa masuk Toddler. Biayanya 16 juta dengan cash back 3 juta, uang kegiatan 3 juta. Jika Mommy ada waktu silakan datang saja ke sekolah sekalian putra/putrinya melihat kelasnya dan nanti kami akan berikan free trial untuk putra/putrinya.

Kalau untuk saat ini kami menerima anak usia 1,8 tahun ke atas.

Kegiatannya antara lain: ICA Alfa & Friends dari Malaysia, fieldtrip 2X pertahun, small excurtion, perayaan-perayaan (Chinese New Year, Independence day, lomba, performance, dll)

Dengan kurikulum yang ada saat ini, kami sangat yakin bahwa anak-anak lulusan dr SV dapat diterima ke SD manapun karena kami mempersiapkan anak-anak bukan hanya akademisnya saja tapi juga karakter dan mentalnya.

Kami sudah bekerjasama dengan Lentera Kasih, Universal school, Jubilee School. Atau Mommy ingin putra/putri mau sekolah di SD mana, nanti kami akan bantu menghubungi SD tersebut.

Charge baru akan dihitung jika dijemput lebih dari jam 17.00 tanpa pemberitahuan dari ortu. Kami tidak terlalu kaku mengenai hal ini jadi mohon info kepada kami saja jika terlambat jemput.

Saat ini ada promo cash back 3 juta dan free formulir seharga 500.000. Kami juga ada finger print untuk putra-putri dan hasilnya akan disampaikan oleh psikolog yang sudah sangat berpengalaman jadi Mommy bisa sekalian dapat konsultasi gratis.

Untuk biaya join 1 tahun enrollment fee-nya 5,5 juta, lebih baik Mommy datang dulu ke sekolah supaya Mommy mengetahui kegiatan yang ada di kelas. Putra/Putrinya usia berapa ya, karena untuk masing-masing level ada benefitnya masing-masing.

Kami ada kegiatan di luar jam sekolah. Kami ada Learning Center : Taekwondo dari Singapore Academy, English and Math, junior art. Untuk Taekwondo silakan jika Mommy mau trial dulu, kami berikan free untuk trialnya. Untuk LC ini kami buka juga untuk umum, jadi jika kakaknya mau ikut bisa juga, Mom.
Kami juga ada kegiatan swimming & water play, biasanya kami adakan di kolam renang apartemen kami dan kadang kami juga ke tempat lain seperti di Mansion dan The Royale.

Stema College

Stema College adalah institusi CFC (Certificate in Foundation Studies) pertama di asia yang berkerjasama dengan Kaplan University Higher Education Academy yang mempersiapkan siswa lewat foundation selama 8 bulan sebelum melanjutkan di Kaplan University Higher Education Academy selama 8 bulan untuk Diploma dan melanjutkan S1 selama 2 tahun di 6 universitas ternama yang menjadi rekanan Kaplan University :

  • Murdoch University, Australia
  • Holloway University of London, UK
  • University College Dublin, Irlandia
  • University of Portsmouth, UK
  • Northumbria University Newcastle, UK
  • University of Essex, UK
  • Siswa dipersiapkan secara academis dan mental bukan hanya untuk melanjutkan kuliah di luar negeri tetapi bersaing dalam dunia kerja dan usaha
  • Waktu : Siswa bisa menyelesaikan S1 dalam waktu 2 ½ tahun ( Stema College menerima siswa mulai dari Gr 9 – 12)
  • Biaya : biaya yang lebih murah dikarenakan foundation dilaksanakan di Indonesia
  • Pelajaran : Pelajarannya lebih terfokus ( English, Math, Critical Thinking) untuk mempersiapkan siswa menghadapi kuliah di luar negeri lewat kemampuan Bahasa inggris yang baik, kemampuan analisa lewat math dan mental kreatif lewat critical thinking
  • Additional Core Lessons : selain pelajaran utama, siswa juga dibekali dengan leadership class, Ielts preparation dan Desain and Animation class
  • Siswa akan mendapatkan sertifikat dari setiap kegiatan yang dilakukan dalam leadership class. Sertifikat-setifikat ini dapat menjadi rekomendasi dan referensi yang baik jika melanjutkan studi ke luar negeri dikarenakan diterimanya seorang di univ bukan hanya dilihat dari sisi akademis tapi juga non akademis (pengalaman organisasi)

Biaya 120 juta , dikarenakan promosi diberikan diskon 30 % jadi biaya menjadi 80 jt sudah termasuk biaya studi 8 bulan, IPad, studi ekskursi 4 hari di Singapura, Fasilitas yang menunjang studi dan biaya ujian akhir

  • Cicilan 3 bulan
  • Cicilan 6 bulan dengan menggunakan khusus kartu kredit mandiri, bunga 0 %
  • Pelunasan langsung
  • Siswa akan mengikuti Free Placement Test
  • Siswa akan menerima info penerimaan dalam 2 hari
  • Orang tua melakukan prosedur pembayaran (SKP)
  • Menyelesaikan semua proses pembelajaran dan penilaian dari setiap pelajaran dan mendapatkan hasil yang sesuai dengan ketentuan
  • Menyelesaikan 2 proyek individu ( social) dan 1 proyek kelompok (social)
  • Menyelesaikan semua kewajiban pembayaran
  • Kehadiran 90%

Jika tidak memenuhi semua kriteria diatas maka siswa dinyatakan belum lulus dari Stema College

Siswa akan diberikan handout selama proses belajar

Siswa akan mengikuti 2 exam (Term exam dan mock exam ) sebelum final Exam

Senin – Jumat : 08.00 – 13.45

  • Jika selesai program diploma bisa langsung ke S1 di 6 univ rekanan Kaplan
  • Ya langsung melanjutkan studi Diploma. Jika ingin melanjutkan S1 di 6 rekanan univ Kaplan maka harus lulus dari Kaplan dan memenuhi syarat dari 6 Univ yang dituju
  • Selesai program diploma , siswa langsung bisa masuk tanpa tes di 6 univ rekanan, kecuali jika siswa ingin mengambil double major bachelor di Murdoch Univ harus melewati tes terlebih dahulu, 5 univ lainnya tidak perlu dan bisa langsung masuk

3 minggu – 1 bulan

  • Siswa akan diberikan make up test khusus untuk pelajaran Math dengan membayar biaya make up test, setelah hasil main exam dikeluarkan 3 minggu sampai 1 bulan. Jadwal make up test diinfokan setelah 2 minggu dari hasil exam diketahui. Jika masih gagal maka siswa harus mengikuti ulang program foundation
  • Untuk EAP dan CT jika gagal maka siswa harus mengulang program foundation
  • Lokasi make up test : Stella Maris

Kami memiliki 6 penerimaan Diploma di Singapura, setiap 2 bulan, 2,4,6,8,10 dan 12. Setelah kami mengkonfirmasi siswa menyelesaikan program Foundation, siswa dapat melanjutkan di Singapura. Biaya Diploma 2019 adalah:

Biaya aplikasi: S $ 492,20
Biaya program: S $ 12,412
Biaya admin siswa internasional: S $ 856

Biaya di atas sudah termasuk pajak pemerintah 7% dan biaya kursus / Biaya Ujian. Biaya aplikasi dibayarkan pada saat pendaftaran, 2 biaya lainnya dibayarkan setelah izin pelajar disetujui oleh imigrasi.

Biaya admin siswa internasional sudah termasuk asuransi biaya kursus (diperlukan oleh pemerintah untuk semua kewarganegaraan), asuransi medis mencakup:

  1. Rawat jalan- S $ 500 / tahun, pelajar hanya membayar $ 5 ketika ke dokter di klinik untuk obat-obatan biasa,
  2. Rawat inap, jika siswa dirawat di rumah sakit, pertanggungan tahunan adalah S $ 30.000, biasanya Siswa pergi ke rumah sakit umum terlebih dahulu dan kemudian swasta jika diperlukan, rincian akan diberikan pengarahan kepada siswa selama orientasi.

Sesudah menyelesaikan Diploma maka siswa bisa langsung melanjutkan S1 di Kaplan tanpa harus ke Negara partner dengan menyelesaikan pembayaran yang sudah mencakupi biaya 16-18 bulan studi dan mengumpulkan dokumen-dokumen yang akan diinformasikan sebelum siswa menyelesaikan diploma.

Kaplan memiliki rekanan dengan Apartemen yang lokasinya di depan Kaplan, Biaya masih belum diinfokan